Senin, 11 Juni 2012

ASKEP STROKE

ASKEP STROKE | STROKE | PENYAKIT STROKE |GEJALA STROKE | PENYEBAB STROKE


Askep Stroke
Askep Stroke

STROKE | PENYAKIT STROKE
Banyak ahli yang mencoba mendefinisikan tentang stroke. Berikut ini uraiannya :

1.     Stroke adalah gangguan  peredaran darah diotak (GPDO) atau dikenal dengan CVA ( Cerebro Vaskuar Accident) adalah gangguan fungsi syaraf yang disebabkan oleh gangguan aliran darah dalam otak yang dapat timbul secara mendadak ( dalam beberapa detik) atau secara cepat ( dalam beberapa jam ) dengan gejala atau tanda yang sesuai dengan daerah yang terganggu.(Harsono,1996, hal 67)

2.     Stroke atau cedera cerebrovaskuler adalah  kehilangan fungsi otak yang diakibatkan   oleh berhentinya suplai darah ke bagian otak sering ini adalah kulminasi penyakit serebrovaskuler selama beberapa tahun. (Smeltzer C. Suzanne, 2002, hal 2131)

3.     Penyakit ini merupakan peringkat ketiga penyebab kematian di United State. Akibat stroke pada setiap tingkat umur tapi yang paling sering pada usia antara 75 – 85 tahun. (Long. C, Barbara;1996, hal 176).

PENYEBAB STROKE
Penyebab dar i stroke beragam. Berikut ini adalah penyebab dari stroke :

1.     Trombosis ( bekuan cairan di dalam pembuluh darah otak ).

2.     Embolisme cerebral ( bekuan darah atau material lain )

3.     Iskemia ( Penurunan aliran darah ke area otak)

FAKTOR PENYEBAB STROKE

1.     Hipertensi

2.     Penyakit kardiovaskuler: arteria koronaria, gagal jantung kongestif, fibrilasi atrium, penyakit jantung kongestif)

3.     Kolesteroltinggi

4.     Obesitas

5.     Peningkatan hematokrit ( resiko infark serebral)

6.     DiabetesMelitus ( berkaitan dengan aterogenesis terakselerasi)

7.     Kontrasepasi oral( khususnya dengan disertai hipertensi, merkok, dan kadar estrogen tinggi)

8.     Penyalah gunaan obat seperti konsumsi kokain yang berlebihan

9.     Konsumsi alkohol

GEJALA STROKE
Gejala stroke muncul karena penyumbatan pembuluh darah sehingga bagian tubuh yang pembuluh darahnya tersumbat tersebut tak berfungsi.

Gejala stroke ada yang bersifat sementara dan ada yang permanen. Berikut uraiannya :

1.     Bersifat sementara >> Timbul hanya sebentar selama beberapa menit sampai beberapa jam dan hilang sendiri dengan atau tanpa pengobatan. Hal ini disebut Transient ischemic attack (TIA). Serangan bisa muncul lagi dalam wujud sama, memperberat atau malah menetap.

2.     Bersifat sementara tapi lebih dari 24 jam >> Gejala timbul lebih dari 24 jam dan ini dissebut reversible ischemic neurologic defisit (RIND)

3.     Gejala makin lama makin berat (progresif) >> Hal ini desebabkan gangguan aliran darah makin lama makin berat yang disebut progressing stroke atau stroke inevolution

4.     Sudah menetap atau permanen

ASKEP STROKE

Diagnosa
Diagnosis biasanya ditegakkan berdasarkan perjalanan penyakit dan hasil pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik membantu menentukan lokasi kerusakan otak. Untuk memperkuat diagnosis biasanya dilakukan pemeriksaan CT scan atau MRI. Kedua pemeriksaan tersebut juga bisa membantu menentukan penyebab dari stroke, apakah perdarahan atau tumor otak.
Kadang dilakukan angiografi.


Pengobatan

Biasanya diberikan odsigen dan dipasang infus untuk memasukkan cairan dan zat          makanan. Pada stroke in evolution diberikan antikoagulan (misalnya heparin), tetapi obat ini tidak diberikan jika telah terjadi completed stroke.

Antikoagulan juga biasanya tidak diberikan kepada penderita tekanan darah tinggi dan tidak pernah diberikan kepada penderita dengan perdarahan otak karena akan menambah resiko terjadinya perdarahan ke dalam otak.

Penelitian terakhir menunjukkan bahwa kelumpuhan dan gejala lainnya bisa dicegah atau dipulihkan jika obat tertentu yang berfungsi menghancurkan bekuan darah (misalnya streptokinase atau plasminogen jaringan) diberikan dalam waktu 3 jam setelah timbulnya stroke.

Segera dilakukan pemeriksaan untuk menentukan bahwa penyebabnya adalah bekuan darah dan bukan perdarahan, yang tidak bisa diatasi dengan obat penghancur bekuan darah.

Pada completed stroke, beberapa jaringan otak telah mati memperbaiki aliran darah ke daerh tersebut tidak akan dapat mengembalikan fungsinya. Karena itu biasanya tidak dilakukan pembedahan. Tetapi pengangkatan sumbatan setelah stroke ringan atau transient ischemic attack, bisa mengurangi resiko terjadinya stroke di masa yang akan datang.

Untuk mengurangi pembengkakan dan tekanan di dalam otak pada penderita stroke akut, biasanya diberikan manitol atau kortikosteroid.
Penderita stroke yang sangat berat mungkin memerlukan respirator untuk mempertahankan pernafasan yang adekuat. Diberikan perhatian khusus kepada fungsi kandung kemih, saluran pencernaan dan kulit (untuk mencegah timbulnya luka di kulit karena penekanan).

Kelainan yang menyertai stroke (misalnya gagal jantung, irama jantung yang tidak teratur, tekanan darah tinggi dan infeksi paru-paru) harus diobati.

Setelah serangan stroke, biasanya terjadi perubahan suasana hati (terutama depresi), yang bisa diatasi dengan obat-obatan atau terapi psikis.

REHABILITASI

Rehabilitasi intensif bisa membantu penderita untuk belajar mengatasi kelumpuhan/kecacatan karena kelainan fungsi sebagian jaringan otak.
Bagian otak lainnya kadang bisa menggantikan fungsi yang sebelumnya dijalankan oleh bagian otak yang mengalami kerusakan.

Rehabilitasi segera dimulai setelah tekanan darah, denyut nadi dan pernafasan penderita stabil. Dilakukan latihan untuk mempertahankan kekuatan otot, mencegah kontraksi otot dan luka karena penekanan (akibat berbaring terlalu lama) dan latihan berjalan serta berbicara.
Demikian penjelasan tentang ASKEP STROKE semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog www.tanaman-toga-123.blogspot.com

KABAR BAIK
Saat ini telah ditemukan tanaman toga / obat herbal yang multi fungsi dan khasiatnya tidak diragukan lagi yaitu Sarang semut papua dan Noni juice/Jus Mengkudu. Kedua tanaman toga tersebut bermanfaat untuk mengobati berbagai macam kanker dan penyakit ganas lainnya seperti kanker, tumor, diabetes, kolesterol, penyakit jantung, darah tinggi, TBC, asam urat, migrain, wasir, memperlancar asi dan lainnya.
Askep Stroke - Khasiat Sarang Semut
Askep Stroke - Sarang Semut papua
Sarang semut (Myrmecodia pendans) adalah tanaman yang berasal dari Papua yang secara tradisional sudah digunakan oleh penduduk asli secara turun temurun untuk mengobati berbagai penyakit. Secara  penelitian modern juga telah membuktikan zat-zat aktif seperti antioksidan, polifenol, dan glikosida yang terkandung dalam Sarang Semut mampu mengontrol beragam penyakit berat dan ringan serta dapat digunakan sebagai suplemen makanan untuk imunitas.
Askep Stroke - Khasiat Mengkudu
Askep Stroke - Mengkudu
Noni/Mengkudu telah digunakan secara tradisional oleh penduduk Kepulauan Pasifik Selatan untuk membantu penyembuhan berbagai masalah kesehatan yang mencakup: nyeri sendi, masalah kekebalan tubuh, pilek, infeksi, masalah pencernaan, cedera dan pembengkakan.
Para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari 100 nutraceutical dalam buah Noni yang memiliki nilai pengobatan bagi tubuh manusia. Noni juice juga mencakup ramuan fitonutrien paling ampuh di alam serta antioksidan yang dengan aktif melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.
Askep Stroke - Khasiat Sarang Semut
Askep Stroke - Sarang Semut Papua Mecodia
Askep Stroke - Khasiat Mengkudu
Askep Stroke - Prime Noni Juice


Saat ini telah ada Sarang Semut dan Buah Noni yang sudah dalam kemasan. Anda dapat memesannya dengan KLIK DISINI

Berikut ini Testimoni Pengguna Sarang Semut Mecodia dan Prime Noni Juice

Penyebab Stroke
Askep Stroke - Diah Tobing
Hipertensi dan Gangguan Fungsi Jantung, Diah Tobing - Jonggol, Bogor. "Saya menderita darah tinggi (Hipertensi) dan mengalami penebalan pembuluh darah sehingga mengganggu fungsi jantung.
Dokter memberikan banyak macam obat kepada saya tapi reaksinya kurang memuaskan, harganya pun mahal.
Setelah mencoba meminum Sarang Semut selama 1 bulan saja, badan terasa lebih enak, tidak  mudah lelah, rasa nyeri pada jantung pun berkurang dan tekanan darah saya mulai stabil. Saya sudah mengonsumsi Sarang Semut selama kurang lebih 2 tahun dan akan terus menggunakannya."

gejala stroke
Askep Stroke - Nana Ardian
Penyumbatan Pembuluh Darah di Jantung, Nana Ardian - Bogor. "Saya mengalami penyumbatan pembuluh darah di jantung dan sudah berlangsung selama kurang lebih 5 bulan. Kemudian saya berkonsultasi ke dokter sekaligus menjalani berbagai terapi pengobatan. Sayangnya, belum ada perubahan yang memuaskan.

Tak lama kemudian, saya berjumpa dengan salah seorang teman. Beliau menyarankan saya untuk mencoba dan mengonsumsi salah satu herbal yakni "Sarang Semut" dari Papua. Saya pun mengikuti anjuran beliau.

Alhamdulilah!!! Setelah saya meminum herbal Sarang Semut selama 1 minggu saja, saya dapat merasakan hasil yang memuaskan bagi kondisi kesehatan saya, nafas terasa lega dan tidak sesak lagi, rasa sakit yang mengikutinya juga hilang. Saya terus mengonsumsi produk Sarang Semut tersebut hingga sekarang."
penyebab stroke
Askep Stroke - Sarang semut papua

2 komentar: