Sabtu, 30 Juni 2012

Manfaat Temulawak Dan Cara Mengolahnya

temulawak dan manfaatnya
Manfaat Temulawak
Temulawak atau dalam bahasa latin disebut dengan Curcuma xanthorhiza roxb adalah salah satu dari sekian banyak tanaman toga atau tanaman obat. Temulawak adalah salah satu dari keluarga jahe-jahe an atau zingiberaceae. Temulawak juga adalah tanaman obat asli Indonesia terutama di pulau Jawa, Maluku dan Kalimantan.

Temulawak memiliki ciri-ciri fisik seperti semak-semak tanpa batang, tingginya antara 2m sampai 5 meter. Daunnya menyerupai daun pisang. Temulawak tumbuh di daerah dataran rendah dengan subur. Temulawak dapat dipanen saat usianya mencapai 8-12 bulan saat daun sudah menguning.
Yang dimanfaatkan dari temulawak adalah umbinya. Umbinya tumbuh di pangkal batang biasanya berukuran antara 6cm-15cm. Umbi temulawak berwarna kuning gelap atau coklat muda.

Temulawak sudah digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati berbagai penyakit sejak dahulu kala seperti untuk mengobati sakit lever atau sakit kuning, mencret, maag, perut kembung, mual-mual, pegal-pegal, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah penggumpalan darah, sebagai antioksidan dn menjaga kekebalan tubuh.

Karena banyaknya manfaat dri temulawak itulah maka sejak dua tahun yang lalu yaitu tahun 2010, pemerintah Indonesia mencanangkan gerakan minum temulawak .
Manfaat Temulawak

1.       Menurunkan kolesterol dalam darah : Temulawak atau curcuma berfungsi untuk meningkatkan aliran empedu dari kandung empedu ke hati. Sehingga aliran darah lancar dan bisa mengontrol kolesterol dalam darah.

2.       Menyembuhkan penyakit hepatitis B : Hepatitis B adalah penyakit pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Virus ini akan mengakibatkan peradangan hati akut dan menahun dan jika tidak segera diatasi akan menjadi kanker hati.

Untuk menyembuhkan penyakit hepatitis B dapat dilakukan dengan cara istirahat cukup, menjaga pola makan, tidak bekerja terlalu berat dan rutin meminum temulawak setiap hari.

 Cara membuat jamu atau ramuan dari temulawak adalah sebagai berikut :

·         Cuci temulawak dengan air mengalir sampai bersih lalu kupas kulitnya

·         Potong tipis-tipis

·         Keringkan

·         Setelah kering lalu rebus

·         Agar tidak pahit tambahkan gula jawa secukupnya

·         Tiriskan, saring, dinginkan dan minum.

3.       Untuk menambah nafsu makan >> Manfaat temulawak lainnya adalah untuk menambah nafsu makan. Ini biasanya digunakan pad balita dan anak-anak yang sulit makan nya. Caranya adalah seperti pada pembuatan ramuan untuk hepatitis diatas.
sarang semut
Solusi Pengobatan Kanker dan Tumor Tanpa Operasi

4 komentar: