Sabtu, 30 Juni 2012

Tujuh Khasiat Temulawak Dan Pantangannya

khasiat temulawak
Khasiat Temulawak
Indonesia adalah negara yang kaya dengan beragam flora dan faunanya. Untuk hal tanaman herbal atau tanaman toga, Indonesia adalah gudangnya. Contoh salah satu dari tanaman herbal atau tanaman toga dari Indonesia  adalah temulawak atau Curcuma Xanthorriza ROXB atau curcuma javanica.

Temulawak memang sangat beragam manfaatnya, mulai dari menjaga imunitas, penambah nafsu makan sampai mengobati beragam penyakit baik itu ringan atau berat. Saking banyaknya manfaat dari temulawak sampai-sampai pada tahun 2006 pemerintah bekerja sama dengan Gabungan pengusaha jamu dan obat tradisional Indonesia mencanagkan GNMT yaitu gerakan nasional minum temulawak.

Mengapa temulawak banyak khasiatnya? Karena temulawak banyak mengandung  zat-zat  aktif seperti fraksi kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikurkumin dan bis-desmetoksikurkumin. Juga beberapa komponen minyak atsiri seperti xanthorrizhol, b-kurkumen, ar- kurkumen, kamfor dan germakrene. Kandungan utamanya berupa tepung. Bervariasi antara 48-54 %. Makin tinggi tempat tumbuhnya, makin rendah kadar tepungnya. Temulawak juga mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Serat kasar dan mineral seperti kalium (K), natrium (Na), magnesium (Mg), Zat besi, Mangan. Fraksi minyak Atsiri tertinggi dapat diperoleh dari rimpang berusia 7 bulan. Pada usia 7,5 - 8 bulan, kandungan atsirinya berkurang.

Berikut ini tujuh khasiat temulawak :

1.       Menambah nafsu makan >> Terutama pada anak kecil dan balita yang sangat susah makan. Hal ini dikarenakan temulawak mengandung minyak atsiri yang bersifatkarminativum. Dengan meminum sari temulawak sebanyak dua sampai tiga kali sehari maka akan memperbaiki nafsu makan.

2.       Memperbaiki fungsi pencernaan >> Temulawak juga dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dalam cairan lambung yang dapat membantu metabolisme dan mengurangi kontraksi usus halus

3.       Memelihara Liver >> Temulawak mengandung zat kolagoganya yang dapat meningkatkan produksi empedu dalam hati dan dapat merangsang pengosongan kandung empedu, mengurangi aktivitas enzim glutamate oksaloasetat transaminase (GOT) serta menurunkan aktivitas enzim glutamate piruvat transaminase (GPT) baik, secara pra klinik in vitro dan in vivo maupun secara klinik. Hasil uji klinik menunjukkan bahwa dosis yang digunakan untuk memperoleh manfaat menurunkan kadar SGOT dan SGPT adalah 15-30 mg kurkumin.

4.       Mengurangi rasa nyeri pada persendian karena peradangan >> Temulawak memiliki zat anti radang. Dengan menghambat migrasi sel-sel leukosit ke daerah radang maka rasa nyeri dapat di cegah.

5.       Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

6.       Menjaga ketahanan tubuh dan zat anti oksidan

7.       Menghambat penggumpalan darah

Hal yang diperhatikan dalam mengkonsumsi temulawak adalah :

·         Anda harus berkonsultasi ke dokter jika ada batu empedu karena temulawak merangsang fungsi saluran empedu.

·         Jangan meminum temulawak dengan tanaman herbal lain yang mengandung kurkumoid atau dengan obat pengencer darah karena bisa kelebihan dosis.

sarang semut
Solusi Pengobatan Kanker dan Tumor Tanpa Operasi

4 komentar:

  1. PERUSAHAAN WINDRA MEKAR

    SIUP NO: 510/DP/K.1/782/XI/2008
    Penanggung jawab : Dr. Ir. Hj. Dwiyati Pujimulyani, MP
    Staf Pengajar : Fak. Agroindustri, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta
    Alamat Perusahaan : Jl. Wates Km 9,5, Plawonan Rt. 04,
    Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta
    55753, Telp. 082227212516 / 081804296000
    Memproduksi Kapsul Kunir Putih (Curcuma mangga Val.)
    ALAMI DAN AMAN DIKONSUMSI
    Berkhasiat:
    1. MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH
    2. MENCEGAH DAN MENGOBATI KANKER (kista atau tumor)
    3. MENCEGAH DAN MENGOBATI PERADANGAN (maag, ambeien, bronkhitis, amandel, keputihan, nyeri haid, jerawat, diabetes dan asma)
    4. MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT YANG BERHUBUNGAN DENGAN LEMAK (darah tinggi, stroke, jantung, asam urat, penurun kolesterol)

    MENGAPA MURAH?
    VISI berdirinya perusahaan ”WINDRA MEKAR”:
    1. Belajar tentang kunir putih (Curcuma mangga Val)
    2. Bermanfaat bagi masyarakat

    Mencegah dan mengobati (Anonim, 1999):
    1. Kanker: leher rahim, payudara, hati, otak, paru-paru, leukimia dan penyakit lain yang berhubungan dengan kanker, kista dan tumor
    2. Peradangan: maag, ambeien, tenggorokan, radang hati, bronkhitis, amandel, nyeri haid, keputihan, jerawat atau bisul, diabetes dan asma
    3. Penyakit yang berhubungan dengan lemak: darah tinggi, stroke, jantung, asam urat dan menurut Dwiyati dan Agung (2004) kunir putih bermanfaat sebagai penurun kolesterol
    Kunir Putih mempunyai:
    a. Aktivitas antioksidan (Dwiyati dan Agung, 2004), mampu mencegah kerusakan gen
    b. Zat kurkumin: guna anti peradangan
    c. Ribosome Inacting Protein (Anonim, 1999) bermanfaat untuk:
    1. Menonaktifkan perkembangan sel kanker (kista atau tumor)
    2. Merontokkan sel kanker (kista atau tumor) tanpa merusak jaringan sekitarnya
    3. Memblokir pertumbuhan sel kanker (kista atau tumor)
    1 Botol Kapsul Kunir Putih Isi 30 butir harga Rp.18.000
    1 Botol Kapsul Kunir Putih Isi 60 butir harga Rp.30.000
    MELAYANI KIRIMAN LUAR PULAU
    Kunjungi kami di www.kunyitputihajaib.blogspot.com
    Hub : Lia 087739687779 / 082226995735
    Pin BB 3143EADA

    BalasHapus
  2. bermanfaat http://fadil-ahmad.mywapblog.com

    BalasHapus
  3. Trimakasih gan sangat membatu sekali, mungkin bisa memberikan sedikit suplemen agar anak dapat menambah nafsu makannya
    Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Laperma Platinum

    BalasHapus